Saturday, December 05, 2015

Tips Memilih Provider Internet

Tidak bisa disangkal, keberadaan internet memang sangat membantu keseharian kita. Internet menjadi sumber semua data dan menjadi jawaban dari semua pertanyaan kita. Coba deh dipikir ulang, dalam sehari berapa kali kita mengecek ponsel dan langsung terkoneksi pada internet? Rasanya bisa ratusan kali, bukan? Entah hanya untuk browsing atau chatting, kita sangat tergantung pada internet. Tidak heran, jika rata-rata ponsel masyarakat Indonesia selalu dilengkapi dengan akses provider internet.


Namun demikian, tidak semua provider internet yang ada di Indonesia memiliki akomodasi yang tepat untuk kita. Untuk itu, kita sebagai pengguna harus cukup cerdik dalam memilih dan memilah mana provider internet yang tepat. Bagaimana cara memilihnya? Simak, cara-caranya dalam tips berikut ini:
  1. Pilih yang sesuai kebutuhan. Sebelum memilih provider internet yang diinginkan, ada baiknya kita mencatat dahulu untuk apa internet ini akan kita gunakan. Apakah untuk hiburan, edukasi, bisnis, atau apa? Sesuaikan jumlah kuotanya dengan kebutuhan. Misalnya, jika untuk hiburan, kita harus siap menggelontorkan kuota berlebih agar tidak buffering saat menonton video. Atau internet untuk bisnis misalnya, kita akan memilih provider yang menyediakan loading page tinggi dengan akses kecepatannya. Semuanya harus diukur-ukur sesuai kebutuhan dan kemampuan.
  2. Pertimbangkan harga. Beda provider internet, beda juga harga perpaketnya. Pilih provider internet yang budget-nya sesuai dengan kantong kita Jangan malas untuk membandingkan harga-harga paket antara satu provider dengan provider lainnya. Kita juga bisa bertanya langsung pada kerabat yang sudah terlebih dahulu menggunakan layanan dari provider internet tersebut. Bagaimana koneksinya, awet atau tidak, cepat atau tidak, pokoknya hal-hal semacam itu.
  3. Tingkat kecepatan dan lokasi. Disadari atau tidak, ternyata tingkat kecepatan internet sangat berpengaruh pada lokasi tempat kita mengakses internet. Bahkan, di pusat kota saja, tidak jarang sinyal dari provider internet tertentu bisa hilang tanpa jejak. Jadi, hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah masalah lokasi. Cari tahu kerabat yang menggunakan provider yang ingin kita pakai dan cek koneksinya di lokasi tertentu.

Itu dia tips sederhana yang bisa ditiru untuk menentukan provider internet. Semoga membantu!

0 comment:

Post a Comment