Tuesday, November 03, 2015

Mengenal Alat Berat Dragline

Selain excavator sebagai alat penggali, perusahaan yang Menjual Alat Berat biasanya akan menyediakan beberapa jenis alat berat lain yang memiliki fungsi yang sama. Salah satu alat penggali yang umum digunakan yaitu dragline. Alat ini adalah jenis excavator yang menghubungkan bucket dan boom dengan wirerope (tali besi). Dragline digunakan untuk menggali material dan kemudian memindahkan material tersebut ke alat pengangkut seperti truk atau daerah penimbunan. Dragline ini sering ditemukan pada daerah yang membutuhkan pengerukan dengan area cukup luas, seperti pada pertambangan. Ukuran dragline yang digunakan akan disesuaikan dengan kebutuhan penggalian.


Jarak yang dapat dijangkau oleh dragline ini lebih besar daripada shovel, sehingga tidak perlu masuk ke dalam area penggalian dan tetap dapat berada pada lantai kerja yang baik. Namun, dragline juga memiliki kekurangan yaitu daya produksinya yang lebih rendah bila dibandingkan dengan power shovel untuk ukuran yang sama.  Dragline pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 tipe, yaitu:
  • Crawler Mounted (Roda Kelabang atau Undercarriage)
    Tipe ini digunakan untuk tanah yang memiliki daya dukung rendah. Namun, kecepatan gerak tipe dragline ini rendah dan biasanya membutuhkan alat angkut untuk membawa alat ini sampai ke lokasi pekerjaan.
  • Wheel Mounted (Roda Ban)
    Kecepatan gerak tipe dragline ini bisa mencapai 30 mph.
  • Truck Mounted (Dipasang diatas truk)
Dragline dapat menggunakan lebih dari satu bucket. Dua hal yang berpengaruh besar dalam menentukan ukuran bucket yang akan digunakan yaitu panjang boom yang digunakan serta jenis material yang akan digali. Ketika dragline harus mengangkut material dengan berat mencapai kapasitas maksimal atau dragline menggunakan ukuran boom yang sangat panjang, maka ukuran bucket haruslah dikurangi. Batas maksimal ini dilihat berdasarkan beban maksimal yang menyebabkan alat menjadi miring.

Ketika ukuran boom yang digunakan berukuran panjang, maka sebaiknya gunakan bucket yang berukuran kecil. Hal ini akan meningkatkan jangkauan penggalian atau radius pembuangan ketika tidak ingin menggunakan mesin yang lebih besar. Untuk material yang keras dan sulit digali, menggunakan bucket berukuran kecil juga akan meningkatkan kemampuan penggalian, sehingga akan meningkatkan produksi.

Sebaliknya, apabila boom yang digunakan berukuran pendek, bucket yang digunakan dapat lebih besar tetapi jangkauan kerja akan lebih kecil. (Yv)

0 comment:

Post a Comment