Friday, November 06, 2015

Persiapan Touring dengan Motor

Touring merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh para pengendara motor untuk menuju ke sesuatu tempat secara berbarengan. Apa saja ya yang harus kita persiapkan sebelum pergi touring? Selain mengganti oli dengan oli motor terbaik, tentunya ada hal-hal lain yang harus kita perhatikan, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Hal ini bertujuan untuk menjaga kita aman saat touring dan juga di perjalanan. Apa saja daftarnya?


  1. Persiapkan helm dengan standar nasional (SNI). Kebanyakan pengendara motor hanya mengenakan helm seadanya yang di bawah standar dan bahkan tidak jarang pula menolak memakai helm. Padahal, helm SNI sangat membantu melindungi kepala ketika terjadi kecelakaan dan dari benturan. Helm merupakan poin krusial yang harus digunakan oleh setiap pengendara motor dan sama sekali tidak boleh diabaikan untuk alasan apa pun.
  2. Gunakan jaket yang tidak hanya membalut tubuh tetapi juga menjaga tubuh kita dari terpaan angin. Ketika touring, kita akan berada di jalanan untuk waktu yang cukup lama. Lindungi tubuh kita dengan jaket khusus untuk kendaraan bermotor yang dilengkapi dengan pad untuk melindungi bagian dada. Jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan jas hujan di dalam bagasi penyimpanan di bawah jok karena kita tidak bisa memprediksi cuaca.
  3. Siap sedia sebotol bensin dan juga ban cadangan. Kita tidak tahu rute dan medan seperti apa yang akan kita hadapi di perjalanan nanti. Untuk itu, ada baiknya kita bersiap siaga untuk mengantisipasi kejadian yang mungkin akan terjadi. Mungkin saja kan kita kehabisan bensin dan tidak ada pom bensin terdekat? Nah, daripada pusing, lebih baik sediakan saja sebotol bensin cadangan di dalam bagasi motor. Dan jika memungkinkan, kita juga bisa membawa ban cadangan dan pompanya daripada harus membeli baru ketika ban motor kita pecah atau kempes.
Itu dia beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum kita pergi touring dengan sepeda motor. Ada tips lain yang kamu miliki? Yuk, sharing! (Tr)

0 comment:

Post a Comment