Wednesday, December 02, 2015

Persiapkan Rumah Saat Musim Hujan

Musim hujan sudah tiba! Sudah saatnya Anda memperhatikan kondisi rumah Anda untuk melindungi furniture kayu jati yang berada di dalamnya. Ketika musim hujan, kemungkinan untuk mengalami kebocoran atau bahkan kebanjiran bisa saja terjadi. Meskipun kualitas furniture kayu jati terkenal awet, namun jika terendam air terus menerus, tentunya dapat membuat furniture ini menjadi mudah rusak atau setidaknya merusak tampilannya. Untuk itu, sebelum semua hal tersebut terjadi, yuk perhatikan kondisi bangunan rumah Anda untuk mengatasinya. Daripada harus mengganti keseluruhan material, lebih baik mengantisipasinya dengan melakukan tindakan preventif, bukan? Apa saja bagian-bagian yang harus diperiksa? Ini dia daftarnya.  

  1. Atap rumah. Sebagai bagian yang berada di bagian terluar rumah dan berfungsi untuk melindungi, atap menjadi bagian paling vital untuk mengalami kerusakan. Atap sering terpapar sinar matahari, terkena hujan, sehingga tidak jarang permukaannya retak dan bisa menjadi sumber kebocoran. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, periksa susunan genteng yang berada di atap. Jika ada genteng yang berpindah posisinya (bergeser) karena angin atau sebagainya, segera bereskan. Periksa juga apakah ada keretakan atau kebolongan. Jika ada, langsung lapisi dengan lapisan anti air atau ganti materialnya dengan yang baru.
  2. Plafon. Setelah atap, periksalah plafon rumah Anda. Tidak hanya atap yang penting untuk melindungi rumah, plafon juga penting hukumnya. Periksalah kondisi plafon, apakah masih dalam kondisi prima atau sudah melapuk. Jika sudah memburuk, ganti plafonnya sebelum Anda harus mengganti keseluruhan plafon.
  3. Dinding. Saat atap rumah Anda mengalami kebocoran, maka air akan akan merembes dan membasahi dinding. Semakin lama terkena air, maka dinding rumah Anda akan berjamur dan warnanya akan segera memudar. Jika dinding rumah Anda sudah mengalami hal yang demikian, maka Anda harus mengganti ulang cat dinding rumah dengan yang baru.
  4. Saluran air. Ini dia bagian yang tidak kalah penting untuk diperiksa. Sebab saluran air merupakan bagian vital dalam hunian Anda. Cek apakah saluran air di rumah Anda masih berfungsi dengan baik ataukah tersumbat. Sebab saat hujan, air akan turun dengan deras dan harus masuk ke dalam saluran air supaya tidak tergenang.
Itu dia hal-hal yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan preventif. Semoga bisa membantu.

0 comment:

Post a Comment