Saturday, October 24, 2015

Mengemas Barang Untuk Pengiriman ke Luar Negeri

Dengan lumrahnya jasa pengiriman internasional, mengirim barang pun jadi lebih mudah dan murah. Baik itu untuk belanja online maupun mengirimkan paket ke teman dan keluarga di luar negeri, mengirimkan barang ke luar negeri sudah sangat biasa. Tetapi, dengan banyaknya paket yang masuk setiap harinya di pusat-pusat pengiriman, ada banyak juga paket yang tidak layak kirim dan dikembalikan ke pengirimnya atau bahkan dibuang. Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena paket tersebut tidak dikemas dengan baik.



Untuk memastikan barang yang akan Anda kirim dikemas dengan baik, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Jika menggunakan kotak, pastikan ukuran kotak tepat dengan barang yang akan dimasukkan ke dalam kotak. Kotak yang isinya penuh dapat sobek, sementara kotak yang terlalu kecil isinya mungkin akan remuk tertimpa barang-barang lain. Jika Anda mengirimkan barang pecah belah, masukkanlah barang ke dalam kotak kayu agar barang tetap aman.
  • Untuk barang-barang yang ringan dan kecil, gunakanlah amplop. Jika barang sensitif, gunakanlah amplop dengan lapisan bubble wrap atau bantalan agar barang tetap terlindungi.
  • Jika mengirimkan poster, peta, atau benda-benda lain yang digulung, gunakanlah tube yang berbentuk segitiga, karena tube silindris akan mudah menggelinding dan sulit disortir oleh mesin sortir otomatis.
  • Jika mengirimkan benda cair, pastikan benda tersebut ditempatkan di dalam penampung yang bebas bocor, dan dilindungi oleh bantalan dan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Ini penting untuk menghindari kerusakan kepada barang tersebut, barang orang lain, dan mesin sortir.
  • Tempelkanlah alamat pengirim dan penerima di kotak paket dengan stiker, dan masukkanlah juga stiker yang sama di dalam kotak, sebagai cadangan.
  • Selalu ingat untuk menggunakan kemasan yang dalam kondisi baik dan tidak rusak, gunakanlah bantalan jika barang yang akan dikirim pecah belah, dan tempelkanlah stiker “Fragile” pada barang pecah-belah.
Agar barang kita sampai dengan selamat dan utuh ke tujuan, tips-tips di atas sangat penting untuk diikuti. Mungkin memang sedikit repot, tetapi lebih baik repot sedikit dibandingkan dengan barang yang kita kirimkan hilang atau dikembalikan. (Dana)

0 comment:

Post a Comment