Tuesday, October 13, 2015

Eating Disorder

Banyak cara-cara menurunkan berat badan yang dilakukan perempuan untuk tetap kurus dan langsing. Cara-cara tersebut pun beraneka ragam mulai dari cara sehat hingga cara yang sangat berbahaya hingga berujung pada kematian. Bahkan tidak jarang pula para perempuan ini menderita eating disorder alias gangguan pola makan karena ekstremnya diet yang mereka jalani. Eating disorder yang dialami perempuan ternyata tidak hanya berpusat pada anoreksia saja loh. Ada dua gangguan pola makan lain yang mungkin tidak Anda ketahui, yakni BED dan bulimia.


  1. BED. Binge Eating Disorder atau BED merupakan gangguan pola makan yang jarang diketahui oleh publik. Mungkin masyarakat lebih mengenal anoreksia atau bulimia, tapi tak banyak yang mengenal BED. Padahal, penderita BED di tengah masyarakat pun semakin meningkat setiap waktunya. Lantas, apa yang membedakan antara BED dengan bulimia atau anoreksia? Jika penderita anoreksia dan bulimia cenderung memuntahkan makanan dari dalam perut mereka, BED justru mengalami peningkatan pola makan dalam satu waktu. Penderita BED akan makan dalam jumlah besar dan dalam waktu yang cenderung singkat. Biasanya, hal ini timbul karena si penderita sangat impulsif dan lapar mata. Ciri lain dari penderita BED adalah berat badan yang tidak tetap dan selalu berfluktuasi, hilangnya mood makan dalam waktu yang relatif cepat, dan tidak puas dengan bentuk tubuh.
  2. Bulimia. Pernah melihat seseorang yang merasa bersalah setelah makan dan langsung melarikan diri ke kamar mandi? Ya, itulah salah satu ciri dari penderita bulimia. Biasanya, sesorang yang menderita bulimia akan merogoh mulutnya dengan jari tangan dan menggunakan obat pencahar untuk mengeluarkan semua isi perutnya. Hal ini dipicu oleh kecemasan seseorang terhadap bentuk tubuhnya dan adanya keinginan besar untuk memegang kontrol penuh terhadap dirinya. Akibatnya, penderita akan menjalani diet besar-besaran, olahraga dengan gila, dan terus berkeinginan untuk menurunkan berat badan yang telah dimilikinya. Di sisi lain, meski terlihat menghindari makanan, ada kalanya penderita bulimia akan lepas kontrol saat makan dan melahap apa pun yang ada di depannya meski akhirnya akan dikeluarkan kembali.

Kedua penyakit ini mungkin akan sulit untuk diidentifikasi, jadi sebaiknya mulailah untuk memperhatikan kerabat Anda yang terlihat berbeda atau turun berat badannya.

0 comment:

Post a Comment