Wednesday, October 21, 2015

Ini Dia Cara Membuat Hunian Nyaman

Siapa pun tidak akan pernah menyangkal bahwa hunian ternyaman adalah hunian yang merupakan rumah kita sendiri. Tidak peduli Anda menetap di mana, entah di apartemen, rumah susun, atau bahkan modern residence Jakarta, rasa nyaman terhadap rumah sendiri pastinya tidak akan tergantikan dengan kenyamanan di rumah orang lain. Namun demikian, rasa nyaman tersebut tidak bisa serta merta tumbuh begitu saja di rumah Anda. Perlu usaha juga untuk mewujudkannya. Lalu, bagaimana caranya?


  1. Membuka semua jendela di pagi hari. Meski terkesan sederhana, ternyata tindakan ini bisa membuat suasana di rumah Anda berubah seketika loh. Jendela yang terbuka akan membiarkan sinar matahari dan udara masuk ke dalam rumah Anda. Hasilnya, sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lancar dan menghilangkan hawa pengap. Rumah yang sering terkena sinar matahari pun akan terasa segar dan terasa 'hidup'.
  2. Rajin menyapu. Tanpa Anda sadari, debu sering menempel pada lantai dengan waktu yang relatif cepat. Untuk itu, Anda harus rajin-rajin menyapu agar lantai tidak terasa berdebu begitu diinjak. Begitu juga furnitur-furnitur di rumah Anda seperti lemari, rak ataupun meja. Paling tidak, bersihkanlah furnitur dari tempelan debu dua hari sekali.
  3. Gunakan warna pastel untuk dinding. Salah satu cara untuk membuat hunian terasa nyaman adalah dengan menggunakan warna cat dinding yang tidak terlalu mencolok dan membuat Anda merasa tenang. Secara psikologis, warna pastel merupakan warna-warna kalem yang tentunya tidak akan membuat Anda merasa terintimidasi. Pilihlah warna yang Anda sukai dan warnai ruang tamu atau ruang tidur Anda dengan warna tersebut.
  4. Tata ulang ruangan di rumah Anda. Bosan dengan tata ruang yang itu-itu saja? Cobalah untuk menata ulang ruangan Anda dengan gaya yang sama sekali baru. Pindahkan meja dan kursi dari sudut ruangan ke tengah ruangan. Gelar permadani di ruang tamu. Atau mungkin Anda bisa mengubah posisi tempat tidur Anda.
  5. Singkirkan benda-benda yang tidak perlu. Jangan penuhi rumah Anda dengan barang-barang yang sebenarnya sudah tidak terpakai namun Anda terlalu sayang untuk membuangnya. Jika memang sudah benar-benar tidak terpakai, untuk apa masih disimpan? Lebih baik disingkirkan atau disimpan di gudang agar tidak membuat ruangan terlihat sumpek. 

0 comment:

Post a Comment